Kedatangan Soekarno ke Poso

Penjemputan Ir Soekarno di Pelabuhan Poso
Pada Tanggal 4 April 1952 Presiden Republik Indonesia yang Pettama Ir. Soekarno datang ke Poso. Tujuan kedatangan Soekarno adalah untuk mengadakan sosialisasi Kemerdekaan Indonesia serta rencana pembangunan dan Pengakuan masyarakat International terhadap Indonesia.
Kedatangan Presiden Soekarno menggunakan pesawat Catalina yang mendarat di teluk Poso.
Presiden Soekarno dgn para pemuka adat
Beliau kemudian di jemput di pelabuhan Poso oleh para tokoh masyarakat. Penyambutan secara adat juga dilakukan oleh para Tokoh masyarakat. Upacara penyambutan ini di sebut "Pekasiwia". Tamu yang di hormati di sambut dengan minuman saguer, minuman dari pohon aren yang manis,dan seekor ayam putih berkaki kuning.
Hampir semua perwakilan Tokoh dari suku-suku yang ada di Poso datang untuk melakukan penyambutan Presiden Soekarno. Tari-tarian dan nyanyian di persembahkan untuk Presiden ini. Setelah upacara penyambutan secara adat,Presiden berangkat ke alun-alun kota yakni lapangan Kasintuwu untuk melaksanakan pidato politiknya.





Rapat umum penyambutan Presiden Soekarno di adakan di lapangan Kasintuwu Poso.
Ribuan orang datang untuk mendengar pidato beliau juga untuk berjumpa dengan Presiden Indonesia yang memang pada saat itu menjadi salah seorang Tokoh yang di perhitungkan Dunia.. Masih banyak saksi hidup yang ada di Poso menceritakan pengalaman mereka mendengar pidato Politik Presiden Soekarno.
"Pikiran-pikiran Soekarno tentang masa depan Indonesia sanggup memberikan motivasi kepada orang Poso akan kecintaan akan Bangsa Indonesia yang berdaulat di mata dunia dan kebanggan akan Nasionalisme.Indonesia."
Inilah kesimpulan yang disampaikan para saksi sejarah yang menghadiri pidato Presiden Soekarno.
Setelah melakukan pidato Presiden Soekarno juga meresmikan Tugu Kemerdekaan yang ada di Poso.

 



 Tugu Kemerdekaan Poso yang diresmikan Presiden Soekarno 4 April 1952 Tugu ini memiliki tinggi 17 meter lebar bawah 8 meter dan di atasnya di tulis angka 1945. Benarkah tugu ini yang kemudian menginspirasi pembuatan Tugu Monas yang di resmikan pada !7 Agustus 1961,,???

Penulis Jimmy Methusala

Comments